Perhatikan Cara memelihara kelinci hias Yang Baik dan Benar

Cara memelihara kelinci hias

Cara memelihara kelinci hias – Kelinci merupakan salah satu hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah ataupun untuk diternak. Selain memliki bentuk tubuh yang lucu serta menggemaskan kelinci juga termasuk hewan yang memiliki usia yang panjang. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang ingin memelihara hewan menggemaskan yang satu ini.

Cara memelihara kelinci hias
Cara memelihara kelinci hias

Kelinci sendiri terdiri dari beberapa golongan, diantaranya adalah golongan kelinci pedaging dan golongan kelinci hias. Dimana kelinci pedaging dipelihara dengan tujuan untuk diambil ataupun dikonsumsi dagingnya.

Sedangkan kelinci hias adalah kelinci yang dipelihara ataupun dirawat karena keindahan bentuk tubuhnya, bulunya ataupun karena tingkah laku kelinci yang lucu dan menggemaskan.

Sebelum memutuskan untuk memlihara ataupun merawat kelinci hias usahakan untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai kelinci hias tersebut.

Untuk kelinci hias sendiri jenisnya ada bermacam-macam diantaranya adalah kelinci anggora, kelinci lop hingga kelinci flemish giant dan masih banyak lagi jenis kelinci hias lainnya.

Kelinci anggora adalah kelinci yang memiliki ciri fisik berupa bulunya yang tebal sehingga terlihat lebih menarik dan cantik jika dibandingkan dengan kelinci pada umumnya. Kelinci anggora sendiri berasal dari kota angkara yang berada di Turki.

Adapun untuk kelinci lop merupakan kelinci yang memiliki ciri fisik berupa telinganya yang panjang dan terlihat unik. Karena telinganya yang terlihat panjang dan menggantung dikepalanya serta sifatnya yang lebih tenang, hal itu membuat banyak orang beranggapan kalo kelinci yang satu ini termasuk kelinci yang malas.

Kelinci jenis flemist giant ini postur tubuhnya bisa dibilang cukup besar dibandingkan dengan jenis kelinci hias lainnya. Bahkan ukuran tubuhnya bisa sebesar anjing sampai akhirnya kelinci yang satu ini dijuluki sebagai kelinci raksasa.

READ  7 Syarat Utama Pembuatan Kandang Kelinci

Setelah kalian mengetahui informasi mengenai kelinci hias yang akan kalian pelihara, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal penting ketika memutuskan untuk memelihara ataupun merawat kelinci hias.

Misalnya seperti kandangnya hingga makanan dan minumannya, untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasi dibawah ini mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan dan Cara memelihara kelinci hias yang baik dan benar.

Menyediakan Kandang Untuk Kelinci

Menyediakan Kandang Untuk Kelinci
Menyediakan Kandang Untuk Kelinci

Hal pertama jika kalian memutuskan untuk memelihara ataupun merawat kelinci hias adalah menyiapkan kandang untuk kelinci hias. Usahakan kandang yang disediakan untuk kelinci hias harus dibuat senyaman mungkin untuk kelinci hias kalian.

Ukuran kandang kelinci hias harus disesuaikan dengan ukuran kelinci hias yang ingin kalian pelihara. Misalkan kelinci hias yang ingin kalian pelihara  berukuran besar maka kandang yang disediakan utnuk kelinci hias juga harus besar. Sehingga kelinci hias dapat bergerak ataupun beraktifitas dengan nyaman.

Selain ukuran kandang, bentuk kandang ataupun desain kandang kelinci hias juga harus disesuaikan. Bentuk ataupun desain kandang kelinci hias yang diletakkan didalam rumah tentu berbeda dengan desain kadang yang diletakaan di luar rumah.

Bentuk kandang kelinci yang diletakkan didalam rumah tentu harus memiliki desain yang menarik, dengan venstilasi udara yang baik serta memudahkan dalam pemberian makanan dan minuman hingga menyediakan tempat penampungan kotoran.

Adapun bentuk kandang kelinci yang diletakkan diluar rumah, selain memiliki desia yang menarik serta ventilasi udara yang baik dan juga atap yang memadai untuk melindungi kelinci hias dari hujan taupun panas yang menyengat. Kandang kelinci hias juga harus memiliki desain ataupun bentuk yang dapat membuat aman kelinci hias dari serangan predator.

Karena kelinci hias yang kandangnya berada diluar rumah tentu jauh lebih berbahaya jika dibandingkan kelinci hias yang kandangnya berada didalam rumah. Pasalnya diluar rumah banyak sekali predator yang bisa saja memangsa kelinci hias kalian kapan saja, seperti ular, biawak, buaya dan lain sebagainya.

READ  7 Pakan Kelinci Terbaik dan Cara Pemberiannya

Pemberian Makanan Dan Minuman

Cara memelihara kelinci hias Yang Baik dan Benar 4
Cara memelihara kelinci hias Yang Baik dan Benar 4

Selain menyediakan kandang yang aman dan nyaman untuk kelinci hias. Kalian juga harus memberikan makanan yang baik dan bergizi untuk kelinci hias, supaya perkembangan dan pertumbuhannya tidak terganggu.

Kelinci sendiri sebenarnya termasuk hewan nocturnal, dimana hewan nocturnal merupakan hewan yang lebih aktif dimalam hari. Dengan demikian maka pada malam hari kelinci hias sebaiknya diberikan makanan dengan porsi yang lebih banyak dan lebih bergizi seperti sayuran, rumput dan lain sebagainya.

Sedangkan pada pagi dan siang hari kalian biasa saja memberikan makanan berupa sereal dan konsentrat untuk menjaga kesehatan pencernaan kelinci hias kalian.

Pemberian makanan kelinci juga harus kalian perhatikan dengan baik. Pasalnya ada beberapa sayuran yang tidak baik bahkan bisa megganggu kesehatan kelinci hias seperti jagung, tomat, kentang, kacang-kacangan, kol, bawang dan juga kangkung serta selada.

Selain memberikan makanan, kelinci hias juga harus diberikan minuman. Berikan air putih atau air tawar yang banyak setiap harinya, serta ganti air tersebut dengan air yang baru setiap harinya. Hal tersebut untuk menjaga kebersihan air yang dikonsumsi, sehingga air yang diminum atau dionsumsi kelinci hias lebih sehat dan bersih karena dilakukan penggantian setiap harinya.

Selain air mium yang diganti setiap harinya, kalian juga harus membersihkan watah ataupun tempat air minum tersebut setiap harinya. Supaya wadah ataupun tempat air tersebut tidak terkontaminasi bakteri ataupun virus yang bisa saja mengganggu kesehatan kelinci hias kalian.

Memeriksa Kesehatan Kelinci Hias

Memeriksa Kesehatan Kelinci Hias
Memeriksa Kesehatan Kelinci Hias

Salah satu hal yang wajib dilakukan ketika kalian memutuskan untuk memelihara ataupun merawat kelinci hias adalah dengan sering memeriksakan kesehatan kelinci hias kalian dengan membawanya ke dokter hewan.

READ  Cara Pemeliharaan Kelinci Kecil Paling Lengkap

Jika kelinci kalian menunjukan gejala-gejala ataupun aktifitas tertentu yang tidak seperti biasanya. Kemungkinan bisa saja kelinci hias kalian terkena ataupun terjangkit penyakit tertentu yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang dapat membahayakan kesehatan kelinci hias jika tidak secepatnya mendapatkan penanganan dokter.

Adapun gejala yang biasanya dialami kelinci hias jika sedang mengalami gangguan kesehatan adalah aktifitas kelinci hias yang tiba-tiba saja menjadi malas untuk bergerak ataupun melompat serta urinnya yang cenderung berwarna gelap ataupun jarang mengeluarkan urin.

Apabila kelinci hias kalian tiba-tiba mengalami gejala tersebut, ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter hewan terdekat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pasalnya bisa saja kelinci hias kalian sedang mengalami masalah pencernaan yang harus segera mendapatkan pertolongan dokter.

Memberikan Teman Untuk Kucing Hias

Memberikan Teman Untuk Kucing Hias
Memberikan Teman Untuk Kucing Hias

Kelinci hias bisa saja mengalami stres jika tidak memiliki teman. Dengan adanya masalah tersebut sebaiknya jika kalian memutuskan untuk memelihara ataupun merawat kelinci hias, usahakan untuk memlihara minimal 2 ekor kelinci hias supaya kelinci hias kalian tidak mengalami stres.

Selain bisa stres karena tidak memiliki teman, kelinci hias juga bisa saja stres jika tidak memiliki pasangan. Karena kelinci juga termasuk hewan yang membutuhkan pasangan ataupun jodoh untuk dapat berkembang biak.

Dengan memberikan pasangan pada kelinci hias kalian, selain dapat menghilangkan stres pada kelinci hias. Hal itu juga dapat meningkatkan jumlah populasi kelinci hias yang ada dikandang dengan hadirnya anak kelinci yang banyak.

You May Also Like

About the Author: adm_bisnis

Memberikan yang terbaik buat pembaca setia di web ini, banyak ide menarik seputar tips bisnis rumahan dan peluang usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.