Tips Memelihara Kelinci di Rumah Untuk Pemula

Tips Memelihara Kelinci di Rumah

Cara Memelihara Kelinci di Rumah Bagi Pemula terbaru. Kelinci merupakan salah satu tipe binatang piaraan yang banyak disukai oleh bermacam berbagai orang. Perihal itu pasti saja diakibatkan sebab binatang yang satu ini lucu, relatif jinak, serta pula bisa dipelihara dengan fleksibel di mana saja.

Salah satu tempat yang bisa dipakai buat menjaga kelinci merupakan di dalam rumahmu sendiri. Dengan menjaga kelinci di dalam rumah, pasti saja kalian bisa menghembat bayaran pemeliharaan serta bermacam tipe bayaran yang lain yang wajib kalian keluarkan bila kalian tidak menjaga kelinci di dalam rumah.

Hendak namun, menjaga kelinci di dalam rumah pula tidak dapat dicoba dengan asal sedemikian itu saja. Terdapat banyak perihal yang butuh kalian jalani buat membenarkan kalau kelinci yang kalian punya itu sanggup kalian jaga di rumah dengan bagus, tercantum salah satunya merupakan mengenali gimana metode menjaga kelinci di rumah dengan bagus serta betul. Dengan begitu, kalian dapat menjaga kelincimu di rumah dengan pas.

Pada dasarnya, metode menjaga kelinci di rumah itu tidak susah, bila kalian sudah mengenali triknya dengan betul. Sekalipun kalian terkini awal kali menjaga kelinci, hendak namun dengan mengenali gimana metode menjaga kelinci di rumah yang hendak kita sampaikan padamu selanjutnya ini tentu bisa menolong kamu dalam menjaga kelinci di rumahmu sendiri. Tidak hanya menekuni keadaan di dasar ini, kalian pula wajib menekuni metode menyembuhkan kelinci yang sakit, menekuni era kehamilan kelinci tercantum ciri ciri kelinci berbadan dua, karakteristik karakteristik kelinci berbadan dua belia, karakteristik karakteristik kelinci abortus, serta bermacam metode menjaga kelinci yang lain yang dapat kalian pelajari dari web ini.

Selanjutnya ini merupakan sebagian metode menjaga kelinci di rumah yang dapat kalian jalani dengan cara mandiri.

1. Sediakan tempat buat menjaga kelinci- kelinci

Metode menjaga kelinci yang awal kali butuh kalian jalani, pasti saja merupakan menyiapkan seluruh perihal yang berhubungan dengan perawatan kelinci kesayanganmu. Salah satu perihal yang butuh kalian jalani merupakan menyiapkan tempat buat menjaga kelincimu di rumahmu sendiri. Kalian wajib menyiapkan di mana kalian mau menjaga kelincimu, apakah di balik rumah, di sisi rumah, ataupun di tempat- tempat lain yang terdapat di dekat rumahmu.

Kalian wajib memilah tempat yang pas buat menjaga kelincimu. Memilih tempat yang bersih, yang nyaman, aman serta pula mendukung buat menjaga kelinci kesayanganmu. Jika butuh, sediakan gedung spesial buat menjaga kelincimu di dalam rumah.

2. Membuatkan tempat bermukim buat kelincimu

Sehabis kalian memilah tempat buat menjaga kelincimu, hingga tahap selanjutnya yang butuh kalian jalani pasti saja membuat kandang ataupun tempat bermukim yang sesuai buat menjaga kelinci kesayanganmu. Gimana buat membuat kandang kelincimu? Kalian dapat memilah dimensi kandang terlebih dulu buat dapat mengukur seberapa besar ataupun semacam apa kandang yang hendak kalian bangun.

Kandang kelinci umumnya mempunyai dimensi pada umumnya dekat satu kali 0, 6 serta 0, 6 m, nama lain 1×0, 6×0, 6 m. Dimensi itu dapat kalian samakan dengan jumlah kelinci yang kalian punya serta pula umur kelinci yang kalian jaga. Dengan dimensi yang cocok, hingga kalian bisa membuat kandanag yang aman buat tempat bermukim kelinci kesayanganmu. Dengan kandang kelinci yang baik serta bagus, hingga kelincimu dapat berkembang dengan maksimal. Pada dasarnya, kandang yang bagus, tidak hanya sediakan tempat yang lumayan untuk kelincimu buat istirahat, pula sediakan tempat yang bagus buat main, serta lain serupanya.

READ  Jenis Kelinci Pedaging Untuk Usaha Ternak Kelinci Potong

Yakinkan kalian tidak membuat kandang dari kawat- kawat serta materi yang lain yang tidak bagus buat kesehatan kelincimu sebab dapat mengusik kegiatan kelincimu sepanjang terdapat di dalam kandang.

3. Menyusun dasar kandang

Tahap selanjutnya yang dapat kalian jalani buat menyeluruh kelinci kesayanganmu merupakan dengan metode menyusun dasar kandang yang dipunyai oleh kelincimu. Kandang kelincimu membutuhkan dasar yang pas biar kelinci yang kalian jaga dapat bermukim dengan aman di kandang yang sudah kalian persiapkan.

Buat menyusun dasar kandang kelincimu, kalian dapat memakai sebagian materi natural semacam jerami ataupun kepingan kusen khusus semacam misalnya dari kepingan kusen yang berawal dari tumbuhan pinus. Tidak hanya itu, kalian pula dapat membagikan dasar tidur yang dibuat dari materi bubur kusen siklus balik yang memanglah terbuat buat dasar kandang kelinci peliharaanmu.

Sehabis memasang ataupun menyusun kandang kelincimu, janganlah kurang ingat buat meletakkan kandang itu ditempat- tempat yang bagus serta nyaman buat kandang kelincimu, semacam jauh dari listrik, serta bermacam perihal lain yang beresiko buat kesehatan kelincimu.

4. Sediakan kotak kotoran

Kotak kotoran merupakan perihal yang berarti buat kalian sajikan di dalam kandang kelincimu. Dengan kotak kotoran yang bagus, hingga kelinci peliharaanmu bisa membuang kotorannya dengan bagus di mana tempat yang sudah kalian sajikan. Dengan begitu, kotoran kelincimu hendak terlokalisir dengan bagus.

Kalian dapat menaruh kotak kotoran buat kelincimu di pojok- pojok ataupun pinggiran kandang, ataupun di tempat yang lain, sepanjang sedang dapat terjangkau oleh kelincimu. Pojok kandang merupakan tempat yang kesukaan untuk beberapa besar para pemelihara kelinci buat jadi tempat menaruh kotak kotoran, namun kalian dapat meletakkannya di posisi yang lain, sambil membagikan sebagian lembar harian ataupun kertas yang tidak terpakai serta mengisinya dengan jerami supaya dapat dibersihkan dengan gampang serta aman buat dipakai oleh kelinci peliharaanmu.

5. Sediakan tempat persembunyian

Tahap buat menjaga kelinci di rumah selanjutnya yang dapat kalian lakukan merupakan sediakan tempat perlindungan yang aman buat kelincimu yang terdapat di dalam kandangnya. Terdapatnya tempat perlindungan hendak menolong kelinci kesayanganmu buat bersembunyi dari bermacam binatang lain spesialnya yang beliau kira bagaikan binatang predator dirinya. Oleh sebab seperti itu, hendaknya kalian membuat tempat perlindungan itu dari materi yang kokoh, aman, serta pastinya gampang buat terbuat.

Sebagian materi yang dapat kalian gunakan buat membuat tempat perlindungan untuk kelincimu antaar lain merupakan dus, plastik, serta bermacam materi lain yang dapat kalian temui serta kalian anyam dari bermacam berbagai materi yang dapat kita temui dari area dekat. Janganlah kurang ingat buat membagikan ruang yang lumayan besar di dalam tempat perlindungan itu yang hendak dipakai oleh kelincimu buat beranjak dengan lapang alhasil ia tidak hendak merasa tekanan pikiran sepanjang bersembunyi di tempat itu.

READ  7 Syarat Utama Pembuatan Kandang Kelinci

6. Membuatkan mainan

Metode menjaga kelinci selanjutnya yang dapat kalian jalani merupakan membuatkan mainan- mainan spesial kelinci yang dapat dipakai oleh kelincimu buat main. Sebagian mainan bisa kemu bikin dari dus dengan gampang. Dus ialah salah satu tipe materi yang bagus dipakai bagaikan mainan buat kelinci sebab kelinci dapat menggigit- gigit dus tanpa butuh menyakiti badannya dengan akut, sedangkan materi lain bisa jadi dapat menyakiti mulut ataupun gigi kelincimu.

7. Sediakan santapan yang tepat

Kelinci pasti menginginkan santapan yang bagus supaya perkembangan mereka dapat terjalin dengan maksimal. Olah kerna seperti itu kalian dapat membagikan kelincimu sebagian santapan yang bagus, semacam misalnya rumput jerami yang sempurna bagaikan santapan untuk kelinci yang lagi berkembang bertumbuh. Tidak hanya itu, sebagian tipe santapan kelinci yang lain pula dapat kalian maanfaatkan buat konsumsi nutrisi untuk kelinci yang kalian jaga.

8. Membagikan konsumsi sayur- mayur yang baik

Sayur- mayur merupakan salah satu perihal yang amat berarti buat kesehatan kelincimu. Tidak hanya santapan semacam wortel, kalian pula dapat membagikan kelincimu sebagian berbagai sayur- mayur yang bagus buat perkembangan kelinci semacam misalnya wortel serta sebagian sayur- mayur yang lain. Tidak hanya memiliki banyak vit A, wortel pula memiliki kandungan gula yang bagus buat perkembangan kelincimu. Tahap ini termausk dalam salah satu metode menjaga kelinci anggora yang dapat kalian jalani buat melindungi perkembangan anggora dengan bagus.

9. Tidak membagikan santapan yang tidak menyehatkan

Kalian pula wajib menjauhi membagikan santapan yang tidak segar buat kelincimu. Santapan yang tidak segar dapat mengusik bermacam berbagai bagian badan yang dipunyai oleh kelincimu, semacam misalnya mengusik sistem pencernaannya, mengusik sistem imunnya, serta mengusik bermacam perihal lain pada kelincimu. Sebagian tipe sayur- mayur yang tidak bagus buat kelinci di antara lain merupakan jagung, selada, tomat, kol, kacang polong, kentang, bawang, bambu, biji- bijian, serta daging.

10. Membagikan bekal air yang cukup

Air merupakan perihal yang berarti untuk seluruh insan hidup, tercantum kelinci peliharaanmu. Kalian dapat membagikan kelincimu air bersih yang banyak serta menaruhnya di tempat minum yang dapat kalian sajikan di dalam kandang. Janganlah kurang ingat buat senantiasa mengubah air minumnya dengan cara teratur supaya kelincimu dapat bebas dari penyakit yang diakibatkan sebab kuman yang terdapat di dalam air ataupun dari air yang kotor sebab bermacam berbagai perihal.

11. Sediakan durasi di luar kandang

Kelincimu pula memerlukan jalan- jalan lo. Kalian dapat bawa kelincimu berangkat pergi kandang sepanjang sebagian jam, antara 6 hingga dengan 8 jam supaya kelinci dapat leluasa beraktifitas di luar kandang, melompat serta berlari- lari tiap hari supaya kesehatannya terpelihara. Janganlah kurang ingat buat memantau ke mana saja kelincimu berangkat supaya ia tidak termakan oleh pemangsa kala lagi main di luar.

READ  Usaha Ternak Kelinci Potong Yang Harus di Perhatikan

12. Hati- hati dalam menggendong ataupun menggenggam kelinci

Kelinci tercantum binatang yang sensitif, oleh sebab itu kalian wajib berjaga- jaga kala kalian lagi menggendong ataupun menggenggam kelinci. Badan kelinci rentan serta wajib diperlakukan dengan bagus, alhasil kalian wajib melindungi supaya tidak hingga menyakiti badannya kala kalian menggendong ataupun memegangnya.

Kalian dapat menggendong ataupun menggenggam kelinci dengan metode menaruh tangan di bagian balik serta depan badan setelah itu menggendongnya seperti anak. Janganlah sempat mengangkut ataupun menggendong kelinci dengan menarik telinganya, karena kuping kelinci memiliki banyak sekali saraf alhasil bila kalian menariknya dengan keras perihal itu dapat mematikan kesehatan kelincimu.

13. Sediakan sahabat bermain

Oleh sebab kelinci merupakan binatang yang senang main, hingga pasti saja perihal yang butuh kalian sediakan tidak hanya kandang, perlengkapan main, serta durasi main merupakan tempat yang pas supaya kelincimu dapat main dengan leluasa serta lapang. Apabila butuh, kalian dapat meningkatkan 4 spesial yang dapat dipakai kelincimu buat main dengan leluasa.

14. Teratur mensterilkan kandang kelinci

Mensterilkan kandang kelinci dengan cara teratur merupakan perihal selanjutnya yang wajib kalian jalani bagaikan owner kelinci yang bagus. Dengan mensterilkan kandang dari kotoran yang terdapat di sekelilingnya, kalian dapat melindungi tempat bermukim kelincimu supaya senantiasa bagus serta bersih alhasil pantas jadi tempat yang pas buat kemajuan kelinci kesayanganmu.

15. Melindungi temperatur kandang senantiasa optimal

Tahap selanjutnya berhubungan dengan kandang merupakan melaksanakan upaya ataupun usaha buat melindungi supaya temperatur kandang kelincimu senantiasa terpelihara dengan bagus. Kalian wajib melindungi supaya temperatur kandang kelincimu sempurna buat perkembangan kueingmu, oleh sebab seperti itu perputaran hawa yang bagus, serta bermacam faktor yang lain wajib kalian cermati supaya temperatur kandang dapat maksimal.

Karakteristik Yang lain( 15- 30)

Tidak hanya cara- cara di atas, kalian pula dapat melaksanakan sebagian metode di dasar ini buat menjaga kelincimu di rumahmu sendiri. Selanjutnya sebagian metode tidak hanya metode menjaga kelinci di atas.

  • Menggosok bulu kelinci dengan rutin
  • Tidak membasuh kelinci sangat sering
  • Teratur periksakan ke dokter hewan
  • Membagikan ikatan cais serta penjaga buat mengajak jalan- jalan
  • Teratur membaca panduan menjaga kelinci dari bermacam pangkal terpercaya
  • Potong kuku kelinci tiap satu hingga 2 bulan sekali
  • Menjauhkan kandang kelinci dari kucing serta anjing
  • Tidak membagikan obat kutu, melainkan dianjurkan oleh dokter
  • Membenarkan kalau zona main kelinci nyaman serta nyaman
  • Membagikan santapan berbentuk kombinasi jerami serta rumput
  • Membagikan buah- buahan dengan cara berkala
  • Bila terdesak berikan makan afsun, memilih afsun yang berkualitas
  • Membagikan konsumsi vitamin
  • Menjaga cocok dengan baya kelinci
  • Lekas membagikan obat ataupun memeriksakannya ke dokter bila terjalin tanda- tanda sakit tertentu

Seperti itu sebagian metode menjaga kelinci di rumah yang dapat kalian lakukan buat memelihra kelinci dengan gampang serta bagus di rumahmu sendiri. Janganlah kurang ingat buat senantiasa melindungi kesehatan badan kelincimu betul, aman menjaga kelinci kesayanganmu!

You May Also Like

About the Author: adm_bisnis

Memberikan yang terbaik buat pembaca setia di web ini, banyak ide menarik seputar tips bisnis rumahan dan peluang usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.